ingin dan mau

berapa banyak dari kita yang berhasil membedakan antara ingin dan mau, atau ingin dan butuh? saya termasuk orang yang paling susah membedakannya, meskipun bila saya memikirkannya dalam waktu yang cukup, saya bisa menemukan banyak sekali perbedaannya.

bahasa inggrisnya kan wish and want atau want and need. ada yang kita inginkan tapi  tidak kita butuhkan, ada yang kita mau tapi tidak kita inginkan ada yang kita inginkan tapi kita tidak mau atau ada yang kita butuhkan tapi kita tidak inginkan. puyeng dah… kenapa bisa begitu?

judulnya aja manusia, friends. wajar lah kalau banyak mau dan inginnya sampai tidak bisa mengidentifikasi butuh atau tidaknya. kadang perlu waktu lama untuk menyadari bahwa yang kita inginkan bukanlah sesuatu yang kita butuhkan. namun sangat besar kemungkinan kita bisa melakukan modifikasi terhadap keinginan dengan kebutuhan. paling gampang prakteknya ya pada benda-benda yang bisa dibuat dengan kreatifitas tinggi.

soal yang begini, saya dan jenderal punya perbedaan yang luar biasa, namun selalu bisa dikombinasikan apabila salah satu dari kami mengalah atau berusaha menemukan jalan tengah. misalnya begini, saya adalah orang yang bisa dikatakan sangat skeptis. tidak akan membeli atau mencari sesuatu yang gunanya untuk pajangan atau sekedar dinikmati indahnya. bagi saya, semua yang ada disekitar saya itu haruslah berfungsi ganda. untuk tanaman, saya lebih suka yang berbuah atau paling tidak daunnya bisa saya konsumsi sehari-hari atau untuk keperluan obat (herbal). sedangkan jendral lebih sering melihat nilai estetisnya, indah kalau sudah berbunga atau keren bila berbaur dengan tanaman lain. maka dari itu, kami pun melakukan beberapa modifikasi agar tidak saling kecewa.

yang paling repot itu bila berkaitan dengan rumah, saya ingin semuanya bersih dan rapi setiap kali saya lihat, sedangkan jendral tidak begitu peduli hal yang begitu, akibatnya saya lebih sering terlihat sibuk dengan kegiatan bersih-bersih sementara jendral butuh saya selalu didekatnya meskipun cuma duduk sambil maen game di gadget saya. well… saya sering mengalah meskipun pikiran saya terus menerus pada yang belum bersih dan rapi tadi, hehehehe.

saya menemukan satu hal yang sama-sama kami inginkan meskipun bisa jadi tidak kami butuhkan yaitu, ingin punya sawah!

 

 

Leave a Reply

