K-Drama

aku suka nonton apa saja dengan berbagai alasan. nonton film dokumenter itu menyenangkan karena kita menikmati sesuatu yang terjadi tanpa rekayasa terlalu banyak, kecuali untuk sekedar mempertegas jalan cerita dan membentuk opini serta perspektif supaya ngga sekedar jadi hiburan semata.

nonton film sci-fi menarik untuk melihat teknologi dan implementasi imajinasi dari sang penulis cerita/skenario atau teknik penyampaian ceritanya. nonton Drama tentu saja semata untuk menikmati wajah-wajah keren para pemain serta karakter2 unik yang ditampillkan oleh penulis juga kepiawaian sutradara mengaduk emosi penontonnya. 

lantas, apakah aku penikmat sinetron juga? yaa… ada beberapa sinetron indonesia yang aku tonton semata karena wajah pemainnya yang menyegarkan mata meskipun jalan ceritanya sama sekali tidak menarik, akting aktor dan aktrisnya ala kadar, bagaimana dengan sinetron Hongkong dan Jepang? well… aku kadang menikmatinya bukan karena wajah aktor dan aktrisnya yang cantik atau tampan saja, melainkan ungkapan2 dan ekspresi mereka yang menurutku unik, kadang berlebihan dan ceritanya yang mirip komik (waahh ternyata aku juga suka komik!!)

akhir-akhir ini, mungkin karena tidak ada alternatif lain sejak adikku sering beli dvd K-Drama yang wajah pemainnya enak dilihat meskipun aktingnya tidak terlalu bagus. bagaimana cerita dramanya? hmm… boleh dibilang sama saja dengan sinetron Indonesia siy.. too much drama. aku suka memperhatikan teknologi yang mereka gunakan serta sebuah upaya untuk mengkampanyekan kebudayaan mereka kepada khalayak. kepalsuan yang dibungkus dengan keindahan gerakan ceritanya. aku sendiri betah nonton K-Drama yang satu cerita episodenya paling sedikit 8 dan paling banyak 64 itu (dengan durasi antara 30-65 menit per episode). biasanya juga kalau nonton marathon gitu, meskipun aku tahu aku bisa berhenti kapan saja dan mulai nonton lagi kapan saja. aku juga suka nonton berulang kali just for fun untuk menikmati ekspresi beberapa aktor dan aktris yang lucu dan sexy… jiaaaahh sexy??

bisa dibilang, K-Drama adalah alternatif tontonan selain Sepak Bola. nonton berita tentu saja bukan aktifitas yang menyenangkan akhir-akhir ini. karena semua media menampilkan berita seragam tentang persaingan politik. lagi pula, aku bisa mengikuti berita melalui media lain ngga harus lewat televisi. apa yang membuatku tahan banget nonton K-Drama?

padahal cerita yang disajikan sama semua, cinta segitiga, obsesi pada cinta pertama, perebutan kekuasaan/harta atau gaya hidup jetset kaum the have korea. namun, komedi dalam setiap drama yang aku tonton itu selalu segar dan tidak berlebihan. aku suka k-drama berlatar cerita joseon atau goreyo yang sarat pesan. kampanye kebudayaan korea yang sangat baik menurutku. melalui k-drama aku bisa melihat keberagaman di negeriku sendiri juga. bisa dibandingkan? tentu saja. hal mencolok yang paling nyata adalah “pakaian”… di negeriku pada jaman dahulu, orang-orang berpakaian minim dan sexy. di korea pada jaman dahulu, orang-orang berpakaian sangat tertutup, wajah dan betis perempuan adalah hal yang terlarang untuk dikonsumsi khalayak. siapa yang maju dan siapa yang mundur? apabila pakaian dapat dijadikan sebagai alat ukur, maka aku bilang Indonesia bisa lebih maju jika tidak kena demam pakaian korea, hihihihihihihihi.

apa yang hebat dari Drama Korea? Teknologi… itu yang Utama! aku suka gadget dan aplikasi yang mereka tampilkan. mereka membuat semuanya jadi mudah dengan teknologi. kelihatan lebih nyata daripada yang ditampilkan hollywood sekalipun. moral ethics dan bahasa adalah yang berikutnya. meskipun ada adegan seronok sesekali, tapi lebih banyak adegan perempuan yang langsung merem kalau lihat laki-laki tak berpakaian. sopan santun  menjadi hal penting dalam setiap cerita adalah nilai tambah. yang lainnya? tidak membosankan meskipun melulu tentang cinta segitiga dan cinta pertama tak berbalas adalah fokusnya.

aku tidak menemukan sinetron Indonesia yang bercerita tentang perjuangan orang menjadi desainer, pianis, polisi, pembuat kue, pelukis atau pemain sepak bola seperti dalam K-Drama. ada hal penting yang mereka hadirkan selain berebut harta dan cinta. ada hal lain selain saling fitnah dan aksi. begitu yang aku saksikan. punya k-drama favorit?

ya ada, masuk kategori favorit karena sudah berulang kali ditonton dan masih ada rencana untuk nonton lagi. apa saja? kenapa?

1. BBF karena lee min ho, kim hyun joon keren dan lagunya bagus-bagus.

2. Heart string karena lagunya bagus-bagus dan kang min hyuk punya karakter lucu

3. Faith karena Lee min ho keren dan tidak ada cinta segitiga plus bentrokan budaya/mindset

4. The Heirs karena lagunya bagus-bagus, yang maen keren semua, lucu dan ringan

5. Dream High karena lagunya bagus-bagus, yang main keren, ceritanya masuk akal

6. Moon embrace the sun karena kim so hyun keren dan banyak ekspresi lucunya

7. Songyukwan scandal karena yang maen ajaib kerennya, kocak dan ceritanya seru

8. The Roof Top Prince karena banyak ekspresi lucu dan ceritanya lumayan seru (ngga biasa)

9. Cafe Panda karena Donghae kereeeeennn dan lucu

10. full house karena adekku suka banget nontonnya… hahahahaha

apakah itu saja, ada beberapa yang lain tapi ngga masuk 10 besar lah. terus ada yang tidak disukai? banyaaaakk… tapi ngga penting untuk disebutkan. yang jelas, aku suka nonton Ah in Yoo, tapi masalahnya ini orang drama-nya berakhir konyol melulu, nyebelin!! padahal mukanya lucu karena tampangnya kalah keren dari Lee Min Ho, Donghae, so jung ki, kim so hyun apalagi kim hyun joon double (ss501). jadi dengan kata lain aku suka banget Lee Min Ho yaa? hmmm… ngga terlalu suka juga. sekedarnya, sesuai cerita. untuk cuci mata, tentu saja dia adalah air jernihnya… kekekekekeke.

jadi, apa alasan utama nonton K-Drama? dari ketikan di atas… apa bisa dibilang selain CUCI MATA??

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s