Bersyukur bila itu takdir

Sepanjang tahun ini, aku berusaha menolak semua disposisi yang memungkinkan aku melakukan perjalanan ke luar daerah dengan pesawat. alasan pertama, aku tidak mau menderita nyeri dan perih berkelanjutan sebab perubahan tekanan udara saat naik pesawat. aku sudah tak sekuat dahulu. padahal setahun 3 kali naik pesawat baru terjadi dalam 2 tahun terakhir ini saja.

alasan lainnya yang lebih tidak masuk akal namun pada saat yang bersamaan bertentangan pula dengan harapan yang tumbuh dalam diri adalah tidak mau bertemu dengan jendralku sebelum ijab kabul terlaksana. rindu mendera setiap waktu sampai membuatku menangis dan bermimpi hanya tentang kehadirannya berminggu-minggu lamanya.

aku tidak yakin dapat menahan diri terlalu lama bila bersamanya. aku tidak yakin mampu mengacuhkannya, tidak menyentuhnya atau bahkan tidak menggodanya untuk menuruti semua keinginanku untuk bermanja-manja padanya. aku malu, takut dan tak terkendali. sudah seumur ini, aku masih belum berhasil mengendalikan perasaan dan keinginanku sendiri. betapa kacaunya.

Aku tidak bisa menolak lagi, meskipun aku masih bisa berkelit dengan menunggu keputusan ketua yang belum ketahuan sekarang sedang berada di mana? di luar negeri atau sudah kembali? sebab, bila ketua kembali.. maka aku masih bisa menghindar dari kewajiban mengikuti acara yang tidak begitu aku nikmati itu. sekaligus menghindar dari pertemuan langsung dengan Jendralku. anggap saja bahwa aku memang harus menghadiri acara tersebut dan menghabiskan waktu sepanjang minggu di Jakarta bersama dengan kolegaku se Indonesia dan puasa Ramadhan pertama di Jakarta bersama Jendralku. well.. itu pengalaman yang sangat unik sekaligus latihan yang baik untuk kami kan?

maka, yang bisa aku katakan adalah Alhamdulillah. ini adalah takdirNYA.

Leave a Reply

