Memusingkan

Beberapa waktu menjelang pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia tercinta ini, khusus di Aceh, segala sesuatu menjadi sangat mencekam. Kekerasan selalu mewarnai dalam sejarah pelaksanaan even terbesar ini. Para Caleg yang mempromosikan diri secara tidak etis seperti memasang alat peraga kampanyenya di batang pohon, pagar mesjid sampai yang bikin pertemuan di rumah ibadah seperti meunasah (mushala) atau bahkan saat diskusi publik yang tidak ada hubungannya dengan Pemilu.

well… ragam gaya kampanye pun mulai tampak membingungkan dan memusingkan. hiburan musik lebih dominan terutama dangdutan dimana-mana. penculikan dan penganiayaan sampai pembunuhan pun terjadi tanpa bisa dikendalikan lagi. Kemarin suasana mencekam kembali menghampiri Bener Meriah (Kabupaten pemekaran Aceh Tengah). pangkal kejadian simpang siur namun bisa dipastikan bahwa berebut dukungan adalah kunci masalahnya.

Partai Lokal yang ada saling berebut pengaruh dengan berbagai cara dan pasca pengumuman bahwa PDIP resmi mencalonkan Gubernur DKI Jakarta sebagai calon presiden, semakin banyak pihak yang panik. kemungkinan besar disebabkan ketakutan akan beralihnya dukungan kepada sosok baru dalam jagat perpolitikan negeri ini yang dinilai belum layak karena belum menunjukkan kinerja apapun selain berpindah memimpin dari Solo ke Jakarta dan berpasangan pula dengan seseorang yang non muslim (Basuki Tjahaya Purnama). pro dan kontra soal pencalonannya pun ramai dibahas orang di sosial media.

Baiklah, aku tidak seberapa peduli dengan pro dan kontra tersebut, selama masing-masing pihak tidak memindahkan fokus perjuangannya kepada upaya untuk mencaci maki dan menilai buruk seseorang hanya berdasarkan track record yang dapat saja dibaca secara berbeda oleh masing-masing pihak. hanya saja, apabila kepanikan itu begitu terlihat nyata dengan menambahkan bumbu2 konspirasi secara berlebihan, maka aku sungguh kecewa dan merasa pusing karenanya. kok pusing? memangnya apa hubungannya dengan diriku?

aku pusing karena setiap hari aku terpapar berbagai berita dan komentar tentang satu sama lain dengan cara yang tidak sehat alias negatif. membuat mood untuk menikmati proses yang sedang berjalan jadi berubah-ubah. padahal jika semua dilakukan dengan santun disertai berbagai bukti yang nyata serta fakta dan data yang akurat, tentulah menyenangkan. bayangkan saja, soal partai mana yang terkorup pun masih ada pendapat beragam. orang hanya membaca judul dan tidak mau mendalami isi. aku pun sering melakukannya. coba bayangkan bila jokowi efek ini sampai membuat seorang pemimpin yang disegani dan dipercaya akan bisa membawa perubahan pada daerah yang paling banyak penduduk miskinnya di Aceh sekaligus daerah yang juga menyumbangkan dana paling besar untuk Aceh itu sampai mengeluarkan pernyataan tidak pantas? beliau mengharamkan beras miskin untuk penduduk miskin yang tidak mendukung partai yang mengusungnya sampai menduduki jabatan sebagai Bupati.

masih lebih aneh lagi, tokoh nasional pun ikutan latah mengumbar janji seperti yang pernah disampaikan oleh kepala daerah Aceh terpilih sebelumnya. berikutnya disertai dengan berita penangkapan para pelaku tindak kriminal yang hampir semuanya berasal dari partai pengusung yang sangat dominan dalam pemerintahan Aceh sekarang. mencurigakan dan memusingkan kepala. itu yang bisa kusimpulkan.

 

tapi sudahlah.. mungkin karena kemampuan akal pikirku yang tidak banyak pengalaman ini saja yang begitu. kebanyakan orang barangkali menikmati saja keadaan ini. aku pun tak tahu harus berbuat apa. hal-hal ideal yang ada dalam kepalaku belum cocok diterapkan dalam kondisi masyarakat yang masih terbius oleh selembar dua lembar uang dan ratusan janji yang memberikan harapan kosong selama ini. daripada pusing terus.. mungkin sudah saatnya aku kembali pada kebiasaan lamaku. menulis puisi dan bermimpi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s