Ngangkang Style??

Jum’at, 4 Januari 2013

Beberapa hari ini, media jejaring sosial dihebohkan dengan larangan ngangkang saat membonceng kendaraan bermotor di kota Lhokseumawe, kota kelahiranku. kabarnya, walikota yang baru terpilih pada pemilukada 9 Aparil 2012 lalu itu akan mengeluarkan surat edaran melarang perempuan duduk ngangkang di boncengan sepeda motor.

sampai saat ini belum nampak seperti apa isi surat edaran tersebut, karena sepertinya itu baru rancangan dan begitu banyak reaksi dari dalam dan luar daerah bahkan menjadi berita internasional juga. waahh… aceh-ku tak pernah sepi sensasi.

mungkin ada beberapa alasan yang melandasi pemikiran sang walikota untuk menerbitkan larangan tersebut. tapi aku tidak mau berasumsi atau memprediksinya, alangkah lebih baiknya bila melihat bagaimana isi surat edaran tersebut nantinta. tapi dalam proses pembentukan sebuah kebijakan, tentu penting melihat reaksi dari masyarakat mengenai rencana tersebut, ya kan?

berita tentang rencana larang tersebut mulai berhembus ke ranah publik pada 2 januari 2013 lalu, sampai hari ini sudah bermacam-macam reaksi yang tampak. ada yang terang-terangan menolak, ada yang mengatakan bahwa aturan tersebut tidak penting, ada yang terang-terangan mendukung atas nama syari’at islam, dan sebagainya. reaksi tersebut kemudian membuahkan berbagai istilah termasuk judul diatas, ngangkang style.

pelesetan dari gangnam style yang sudah dikenal oleh semilyar manusia dibumi ini. lalu akankah ngangkang style juga bisa mendunia atau sukses secara komersial? hahahaha.. beda konteks dan beda ranah mainannya. satunya hiburan sedangkan satunya aturan. gangnam style dipromosikan sedangkan ngangkang style, dilarang!

well, sebagai orang waras aku tentu saja tidak mau terjebak dalam wacana larangan ngangkang atau tidak ngangkang itu. aku sayangkan kebijakan walikota tersebut tentulah tidak akan berarti apa-apa bila nanti pada prakteknya akan terjadi berbagai kekerasan sebagai akibat dari pemberlakuan ketentuan tersebut.

kita bahas positif dan negatifnya apabila ngangkang style dilarang di kota lhokseumawe, nanti. sekarang aku beresin laporanku dan whatsapp-an dulu sama kawan-kawan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s