terserah…

Kamis, 3 Januari 2013.

salah satu kata paling membebaskan sekaligus paling meresahkan bagiku adalah kata terserah.

salah paham terjadi semalam antara aku dan jendralku. semalam aku terlibat dalam perbincangan via sms antara 2 adikku. sudah 2 malam ini aku tak bisa keluar dari situasi harus mendengarkan pertengkaran antar saudara yang tidak penting terjadi. karena terbiasa membicarakan apapun yang kupikir dan rasakan pada sang jendral, maka aku menyampaikannya dalam kalimat yang barang kali menimbulkan kekhawatiran pada sang jendral.

akibatnya adalah aku terpaksa harus menerima sejumlah pesan yang menyedihkan sekali saat dibaca. betapa sakitnya hati sang pengirim dan betapa pilu rasanya saat mengetahui bagaimana isi pikirnya membaca pesanku.

maka, yang bisa kulakukan adalah berusaha mengklarifikasi. aku tahu bahwa jendral akan membutuhkan waktu untuk percaya dan memahami maksudku. kekeliruannya telah menyangka aku membandingkannya dengan orang lain *laki-laki lain* itu benar-benar bukan yang pertama kalinya. aku jadi tahu sebabnya.

jendral… seperti katanya, bersyukur karena aku dimatanya begitu istimewa karena Allah SWT, sebab itu dia tidak pernah membandingkanku dengan perempuan lain. sedangkan aku seperti tidak menghargai kenyataan dan kebenaran itu. selalu mempertanyakan, mendebat dan bahkan tak jarang mengkritisi dengan kalimat2 yang tidak menenangkan hati dan hari yg dijalani.

menyesalkah aku?

sangat!

lalu apa yang harus kulakukan?

seperti biasa, aku akan memberinya waktu untuk berpikir kembali, menyadari kekeliruannya dan memperbaiki diriku agar tidak selalu membuatnya tak nyaman. padahal disaat seperti sekarang ini, dia sangat membutuhkan aku untuk menjadi penghiburan hatinya. disaat dia harus berkutat dengan upaya mempertemukan berbagai kepentingan politik dan uang pada satu meja yang bertujuan mendapatkan sedikit perubahan bagi orang-orang yang dikaguminya, para petani pemilik lahan dan calon pekerja yang berharap dapat terus hidup dengan cara halal dan sederhana.

Leave a Reply

